Selasa, 11 Oktober 2016

belejar me-resensi buku

RESENSI BUKU




RESENSI BUKU


Judul Resensi : Moral Hidup

Identitas Buku :
Judul Buku :
Beriman Di Arus Jaman

Nama Pengarang :
HERULONO MUSTOPO S.S.,M.HUM

Cetakan dan Waktu Terbit :
Cetakan 5, Agustus 2015
Jakarta, Mer-C Publising 2015
ISBN : 978-602-7591-16-5

Nama Penerbit :
Mer-C Publising
d.a. PT Adhi Sarana Nusantara
Jl. Ulujami Raya No. 2 Perdatam Jakarta selatan
Percetakan : CV senrise Yogyakarta

Tebal Buku :
200 halaman

Riwayat Kepengarangan
Biografi Pengarang
Herulono mustopo
Lulus dari Fakultas Teologi Kepausan Wedabhakti tahun 2006, gelar sarjana sastra dan magisernya diperoleh daru Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dengan bidang kajian moral hidup.
Sejak tahun 2008 menjadi dosen Luar Biasa untuk mata kuliah agama katolik di Universitas Mercu Buana Jakarta sampai sekarang. Selain megajar agama katolik dan juga gabungan agama kristen protestan dan katolik, penulis juga megajar Etik dan Filsafat komunukasi, Etik UMB, pancasila, Kewarganegaraan, dan Kewirausahaan. Dalam kinerja pengajaran, penulis selalu mendapat apresiasi sebagai dosen pengajar terbaik dengan sistem elearning.
Pada saat yang sama, sambil menjadi karyawan Yayasan Marsudirini, juga mendampingi anak anak asrama Marsudirini. Saat ini penulis aktif dalam kegiatan ormas Forum Musyawarah antar Gereja (formag). Dalam rangka memperdalam kekristenan, penulis telah melakukan studi sosiologis secara mandiri di Eropa, terutama di Warzawa-Polandia dan di Italia.
  
Sinopsis / Ringkasan Buku
Sekarang, saatnya anda menutup buku ini dan membuka penglaman iman yang baru. Sekarang, saya mau mengajak saudara saudara seiman untuk melihat kembali kenyataan hidup kita dan bagaimana iman kita semestinya mengambil sikap. Pertama, nyatanya di jaman ini kita diharapkan pada sebuah privatisasi agama dalam masyarakat. Institusi agama kehilangan pengaruhnya di ruang ruang publik. Bukan hanya dalam agama katolik, agama agama lain mengalami hal yang sama. Banyak orang yang merasa bahwa iman pertama-tama adalah urusan pribadi. Agama dijadikan uruasn pribadi yang tidak banyak melibatkan komonitas jemaat beriman.
Ada lebih dari 2000 gereja kristen di amerika. Di dunia, kekristenan dengan berbagai bentuknya mencapai 3 kali lebih besar. Meskipun, lebih dari tujuh puluh persennya jumlah penganut kristen adalah katolik roma. Kekristenan sendiripun  sebenarnya menampakkan keberagaman yang sangat plural. Dalam sejarahnya, gereja selalu dalam persaudaraan iman kekristenan semacam ini meskipun seringkali terjadi pergesekan disana sini. Yang kita kenal, umumnya adalah gereja kristen versi barat yang sebenarnya cukup seragam. Perbedaan tidak terlalu mencolok. Kalau anda sempat belajar kekristenan yang berkambang di wilayah timur, maka warna perbedaan kelihatan sangat beragam.

Ulasan Kelebihan dan Kekurangan Buku
Kelebihan Buku :
  • Buku ini mengangkat cerita yang amat menarik, tidak hanya membahas masalah agama tetapi juga membahas kehidupan moral manusia, mulai dari manusia lahir hingga permasalahan dan persoalan yang kerap ditemui dalam keluarga, khususnya keluarga katolik.
  • Penggunaan tata bahasa dalam buku ini juga sangat mudah dimengerti, karena penulis menggunakan tata bahasa yang sederhana, seperti tata bahasa sehaari hari.
  • Buku ini juga sengat menarik, karena dilengkapi dengan gambar gambar kartun yang sesuai dengan tema yang diceritakan.
  • Kelebihan dari buku ini yang mendasar adalah dengan adanya glosarium yang memuat terjemahan kata kata asing di bagian akhir dari buku.


Kekuranagan Buku :
  • Dari segi cover dan judul, kurang menarik, kurang menggambarkan kehidupan saat ini, khususnya anak muda
  • Buku ini tidak menggunakan cetakan berwarna pada setiap halamannya, yang mungkin dapat lebih menarik.
  • Dalam buku ini banyak ditemukan kata kata asing yang kerap membingungkan pembaca.


Terlepas dari ketidak sempurnaan yang ada pada buku ini, harus diakui bahwa buku ini sangat patut untuk dijadikan keteladanan dan pegangan hidup bagi anak muda, apalagi dalam buku ini memuat kisah, persoalan, dan solusi yang sangat tepat dalam memecahkan masalah yang kerap ditemui, khususnya masalah iman kekristenan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar